PENGARUH UKURAN PERUSAHAN DAN PERSISTENSI LABA TERHADAP MANAJEMEN LABA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2022

https://doi.org/10.54712/aliansi.v8i1.380

Authors

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Persistensi Laba, Manajemen Laba

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan persistensi laba terhadap manajemen laba perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022. Jenis penelitian ini menggunakan data sekunder dan sumber data yang digunakan annual report. Populasi dalam penelitian ini perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia dan sampel penelitian menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan 29 perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2019-2022. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan olah data menggunaan SPPS 23. Hasil penelitian menunjukkan variabel ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba sedangkan variabel persistensi laba berpengaruh positif tidak signifikan terhadap manajemen laba.

Published

16-06-2025

How to Cite

Muliana, S., Aisyah, N., & Nurwana, N. (2025). PENGARUH UKURAN PERUSAHAN DAN PERSISTENSI LABA TERHADAP MANAJEMEN LABA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019-2022. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Syariah - ALIANSI, 8(1), 67–81. https://doi.org/10.54712/aliansi.v8i1.380

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.