ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN UTANG DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DEVIDEN DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERATING.

ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN UTANG DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DEVIDEN DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERATING.

Authors

  • AM Maturidi Universitas Gunung Rinjani

DOI:

https://doi.org/10.54712/aliansi.v6i1.187

Keywords:

Kata kunci : Kebijakan utang, ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial dan kebiajakan deviden.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kebijakan Utang  dan Ukuran Perusahaan  terhadap Kebijakan Deviden dengan Kepemilikan manajerial sebagai varibel moderating, penelitian dilakukan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI, periode 2016 – 2020. Alat analisa yang digunakan adalah Moderated Analysis Regretion (MRA).   Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kebijakan utang berpenagruh terhadap kebijakan deviden hal ini bisa dilihat dari nilai signifikansi 0,006 < 0,05, sedangkan varibel ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap kebijakan deviden dengan nilai signifikansi 0,70 > 0,05. Varibel kepemilikan manajerial adalah variable moderating yang dapat memperkuat hubungan dari variable independen kebijakan utang utang dan ukuran perusahaan dengan kebijakan deviden, hal ini bisa dilihat dari nilai signifikansi interaksi dari variable kebijakan utang dengan kepemilikan manajerial 0,01 < 0,05, dan interkasi dari variable ukuran perusahaan dengan variable kepemilikan manajerila dengan nilai signifikansi 0,020 < 0,05.

 

 

Published

2021-06-23