A Hubungan Resiprokal Corporate Governance dan Corporate Social Responsibilty
Keywords:
Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Stakeholder Theory, Legitimacy TheoryAbstract
Penelitian ini membahas terkait hubungan timbal balik (resiprokal) antara pengaruh tata kelola perusahaan atau corporate governance (CG) dengan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR). Dimana dalam perspektif teori legitimasi keduanya saling melengkapi membentuk fungsi objektif dalam menghadapi kendala yang dihadapi perusahaan. Penelitian ini memberikan implikasi yang cukup luas bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan ekonomi mengenai pentingnya informasi non-keuangan seperti corporate social responsibility dan corporate governance. Untuk menjamin keberlanjutan (sustainability) perusahaan diharapkan tidak hanya fokus pada perolehan laba (profit) tetapi juga dapat memberikan perhatian terhadap lingkungan (planet) dan masyarakat (people) sehingga perusahaan mendapatkan legitimasi dan citra positif dari masyarakat bahwa perusahaan telah menerapkan tata kelola perusahaan dengan baik. Begitu pula dengan perusahaan yang mampu membangun CG dengan baik akan mampu menjamin kesetaraan hubungan di antara stakeholder nya, juga akan memberikan perhatian yang lebih baik terhadap lingkungan dan sosial untuk keberlanjutan perusahaan dalam jangka panjang.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Jurnal Akuntansi dan Keuangan Syariah - ALIANSI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.