PENGARUH LIKUIDITAS, RENTABILITAS DAN DANA PIHAK KETIGA TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN KOMISARIS INDEPENDEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK MILIK NEGARA PERIODE 2014-2021

https://doi.org/10.54712/aliansi.v5i2.242

Authors

  • Sahrul Ihsan universitas gunung rinjani
  • Muhamad Karyadi universitas gunung rinjani

Keywords:

Likuiditas, Rentabilitas, Dana pihak ketiga, Kebijakan deviden, Komisaris independen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh likuiditas, rentabilitas dan dana pihak ketiga terhadap kebijakan dividen dengan komisaris independen sebagai variabel intervening pad bank milik Negara periode 2014-2021. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah bank umum milik Negara sebanyak 4 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu semua populasi dijadikan sampel. Teknik analisis yang digunakan dengan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen, rentabilitas berpengaruh terhadap kebijakan dividen, dana pihak ketiga berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Pengujian menggunakan path analysis menunjukkan bahwa komisaris independen mampu memoderasi likuiditas terhadap kebijakan dividen, komisaris independen mampu memoderasi rentabilitas terhadap kebijakan dividen, komisaris independen tidak mampu memoderasi dana pihak ketiga terhadap kebijakan dividen.

Published

2022-12-15