PENGARUH PENGENDALIAN SISTEM ITERN, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, DAN INTEGRITAS TERHADAP FRAUD KEUANGAN DESA SEKECAMATAN SURALAGA

Authors

  • Asrin universitas gunung rinjani
  • Ahmad Murad universitas gunung rinjani

DOI:

https://doi.org/10.54712/aliansi.v5i1.237

Keywords:

Pengendalian internal, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kompetensi Sumber Daya Manusia dan integritas, kecurangan (Fraud)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh pengendalian internal, pemanfaatan teknologi informasi, kompetensi sumber daya manusia, integritas terhadap kecurangan keuangan (fraud) pada Desa-Desa di Kecamatan Suralaga Kabupaten Lotim. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kecurangan keuangan (fraud). Sedangkan variabel independennya adalah pengendalian internal, pemanfaatan teknologi informasi, kompetensi sumber daya manusia, integritas.

Populasi dalam penelitain ini mencakup perangkat desa di 15 Desa Se_Kecamatan Suralaga Kabupaten Lotim. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan angket kuesioner yang disebar diseluruh perangkat desa yang ada di 15 Desa di Se-Kecamatan Suralaga Kabupaten Lotim, penyebaran kuesioner berjumlah 60 kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini.

Published

2022-06-02