ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGIS YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN AIR MINUM ISI ULANG PADA DEPOT AIR MINUM BALE SYIAR KECAMATAN KURIPAN

https://doi.org/10.54712/aliansi.v4i2.209

Authors

Keywords:

Motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap, keputusan pembelian

Abstract

Banyaknya pemain dalam bisnis air minum isi ulang membuat konsumen harus menentukan pilihan saat akan melakukan keputusan pembelian. Faktor-faktor psikologis adalah salah satu penentu dari pengambilan keputusan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian air minum isi ulang pada depot air minum Bale Syiar Kecamatan Kuripan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Analisis penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) 21. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang berjumlah 60 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor psikologis yang meliputi motivasi, persepsi, pembelajaran, dan keyakinan dan sikap terbukti berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian air minum isi ulang pada depot air minum Bale Syiar yang ditunjukkan oleh hasil Uji F yang menghasilkan F hitung (11,570) > F tabel (2,61). Variabel Motivasi mempunyai pengaruh dominan terhadap terhadap keputusan pembelian air minum isi ulang pada depot air minum Bale Syiar yang ditunjukkan dari hasil uji regresi dengan nilai regresi sebesar 0,617.

Published

11-12-2021

How to Cite

Muhammad Helmy Reza, & Suastrini, F. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGIS YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN AIR MINUM ISI ULANG PADA DEPOT AIR MINUM BALE SYIAR KECAMATAN KURIPAN. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Syariah - ALIANSI, 4(2), 16–24. https://doi.org/10.54712/aliansi.v4i2.209

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.