PENGARUH HUTANG JANGKA PENDEK DAN HUTANG JANGKA PANJANG TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2016-2020.”

https://doi.org/10.54712/aliansi.v5i2.241

Authors

Abstract

Penelitiian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hutang jangka pendek dan hutang jangka terhadap profitabilitas. Populasi penelitian yaitu perusahaan pertambangan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020 berjumlah 44 perusahaan. Sampel penelitian sebanyak 13 perusahaan dengan menggunakan teknik purpossive sampling. Analisis data menggunakan model regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini adalah hutang jangka pendek tidak berpengaruh terhadap profitabilitas begitu juga dengan hutang jangka panjang tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang sebagai variabel independen sedangkan profitabilitas sebagai variabel dependen. Hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang tidak berpengaruh terhadap profitabilitas karena masing-masing variabel independen menghasilkan nilai t hitung < dari nilai t tabel begitu juga nilai signifikasi masing-masing variabel independen lebih besar dari 0,05.

Published

2022-12-15