ANALISIS PENGARUH PENDUDUK YANG MENGGUNAKAN TELEPON SELULER, INDEKS PEMBANGUNAN TIK, PENDUDUK BEKERJA YANG MENGGUNAKAN INTERNET PADA PEKERJAAN DAN TINGKAT PERTUMBUHAN PENDUDUK TERHADAP RUMAH TANGGA PENERIMA KREDIT USAHA INDONESIA.

https://doi.org/10.54712/aliansi.v6i2.273

Authors

  • suparlan universitas mataram
  • Reny Wardiningsih Universitas Mataram
  • Wulandari Agustiningsih Universitas Mataram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penyerapan kredit usaha sebagai indikator pertumbuhan aktivitas ekonomi di sektor riil. Menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi penduduk yang menggunakan telepon seluler, indeks pembangunan Teknologi Informasi Komunikasi, penduduk bekerja yang menggunakan internet pada pekerjaan dan tingkat pertumbuhan penduduk terhadap rumah tangga penerima kredit usaha di Indonesia. Populasi yang digunakan 34 provinsi di Indonesia sebelum pemekaran 4 provinsi tambahan di Pulau Papua. Sumber data sekunder yang digunakan didapatkan dari Badan Pusat Statistik. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hipotesis satu dalam penelitian ini dapat diterima yang menyebutkan penduduk yang menggunakan telepon seluler berpengaruh signifikan terhadap rumah tangga penerima kredit usaha. Hipotesis dua tidak dapat diterima yang menyebutkan Indeks pembangunan teknologi informasi komunikasi berpengaruh signifikan terhadap rumah tangga penerima kredit usaha. Hipotesis tiga tidak dapat diterima yang menyebutkan penduduk bekerja yang menggunakan internet pada pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap rumah tangga penerima kredit usaha. Hipotesis empat dapat diterima yang menyebutkan tingkat pertumbuhan penduduk berpengaruh signifikan terhadap rumah tangga penerima kredit usaha.

Published

2023-12-02