PENGARUH UKURAN PEMERINTAH DAERAH, LEVERAGE, DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP INTERNET FINANCIAL REFORTING DAN OPINI AUDIT PADA PEMERINTAH DAERAH DI INDONESIA BAGIAN TENGAH

Authors

  • ikhwan wadi universitas gunung rinjani

DOI:

https://doi.org/10.54712/aliansi.v4i1.189

Keywords:

Ukuran Pemerintah Daerah, Levereage, Kinerja keuangan, Internet Financial Reforting, Opini Audit

Abstract

Analisa ini tujuannya untuk menganalisa dan memberi kepastian secara nyata tentang dampak ukurannya dalam pemerintah daerah, leverage, kapabilitas financial terhadap internet financial reforting dan opini audit dalam pemerintahan daerah di Indonesia bagian tengah. Populasi di penelitian ini berjumlah 88 kabupaten/kota. Sedangkan sampel yang terpilih didalam analisis adalah 83 kabupaten/kota di Indonesia bagian tengah melalui tekhnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik  Pengumpulan data menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis Parsial Least Square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran pemerintah daerah(X1), t hitung = 0,611< t tabel 1.99, Leverage(X2), t hitung = 0,408 < t tabel 1,99, Kinerja Keuangan(X3), t hitung = 1,542 < t tabel 1,99 maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial ukuran pemerintah daerah, Leverage dan kinerja keuangan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap internet financial reforting. Ukuran pemerintah daerah(X4), t hitung = 0,831 < t tabel 1.99, Leverage (X5), t hitung = 1,011 < t tabel 1,99 maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial ukuran pemerintah daerah,  dan leverage tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap opini audit. Sedangkan Kinerja Keuangan(X6), t hitung = 3,010 > t tabel 1,99 maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial Kinerja Keuangan memilik pengaruh yang signifikan terhadap opini audit. Adapun untuk  Internet financial reforting(Y1), t hitung = 0,471 < t tabel 1,99 maka dapat disimpulkan bahwa Internet financial reforting tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap opini audit.

 

Published

2021-06-23